Visi SMP Negeri 39 Buru

Visi SMP Negeri 39 Buru 

Mewujudkan Warga Sekolah  yang Berakhlak, Beriman, dan Bertaqwa, Cerdas, Berkarakter, Berwawasan Global dan mampu beradaptasi dengan era digital.

Sekolah menerapkan Visi ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mengutamakan karakter, moral, dan spiritualitas. Dengan menerapkan nilai-nilai agama dan kebaikan, sekolah ingin membentuk individu yang memiliki akhlak mulia, kuat iman, dan taqwa. Visi ini juga mencakup aspek kecerdasan dan kemampuan beradaptasi dengan era global yang mencakup pemahaman tentang teknologi, ekonomi, dan perubahan sosial

Tujuan Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk pribadi yang memiliki integritas, empati, dan kepemimpinan. Melalui pendidikan karakter, sekolah berupaya melatih siswa menjadi individu yang bertanggung jawab, peduli terhadap sesama, dan mampu memimpin dengan teladan. Selain itu, tujuan lainnya adalah mengajarkan pentingnya kerja sama, kedisiplinan, dan semangat dalam menghadapi tantangan.

Integritas

 Membentuk siswa yang jujur, konsisten, dan bertanggung jawab.












(Konsisten dan bertangungjawab dalam menyelesaikan tugas dari guru” Setor Hafalan Al Quran)

Empati

Mendorong siswa untuk peduli terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. Saling peduli dengan sesama teman dengan berbagi suka dan duka (Mengunjungi teman yang sedang terkena musibah “sakit maupun berduka”)

Kepemimpinan

Mengembangkan jiwa kepemimpinan yang inklusif dan inspiratif. Tertuang dalam kegiatan Pramuka dan OSIS.

Faktor-Faktor Penunjang Pendidikan Karakter
 Pendidikan karakter didukung oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan belajar, nilai-nilai budaya, dan keteladanan dari para pendidik. Lingkungan yang kondusif, norma-norma positif dalam budaya sekolah, dan keteladanan guru merupakan faktor penting dalam membentuk karakter siswa.

Lingkungan Belajar

Lingkungan yang aman, terbuka, dan mendukung pembelajaran karakter


 

 









Belajar Mandiri dan memanfaatkan lingkungan sekolah( Kegiatan dari Program Pramuka)

Nilai-Nilai Budaya

Norma positif yang dijunjung tinggi dalam budaya sekolah. Tidak membedakan siswa dari segala aspek, semua sama sebagai anak bangsa yang dibimbing.

Keteladanan Guru

Guru sebagai contoh yang membawa inspirasi dan pemahaman akan nilai-nilai karakter. Kedisiplinan  dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. 

Strategi Pendidikan Karakter di Sekolah

Untuk mencapai tujuan pendidikan karakter, SMP Negeri 39 Buru menerapkan beragam strategi yang mencakup kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembinaan perilaku. Proses tersebut menjadi landasan utama dalam membentuk karakter siswa secara menyeluruh. 


Implementasi Nilai-Nilai Global dalam Kurikulum

Kurikulum diintegrasikan dengan nilai-nilai global agar siswa memiliki pemahaman yang luas tentang isu-isu global, keberagaman budaya, dan teknologi. Hal ini bertujuan untuk membekali siswa dengan wawasan yang mendukung kemampuan beradaptasi dalam era globalisasi.

Globalisasi

Pemahaman tentang interkoneksi global. SMP Negeri 39 Buru telah menerapkan pembelajaran berbasis Teknologi sejak tahun 2022, mulai dari penyusunan soal maupun kegiatan Belajar Mengajar, dan memanfatkan Chorembook. 



 



Keberagaman

Penerimaan terhadap keanekaragaman budaya.

Teknologi

Pemahaman yang mendalam tentang perkembangan teknologi. Sejak tahun 2022 SMP Negeri 39 Buru telah memanfaatkan Google Form dalam Pelaksanaan Ujian Sekolah 

👍👍👍Tri


Share: